Pertanyaan dan Diskusi

Penulis tidak melayani konsultasi pribadi, oleh karena itu buat yang ingin bertanya atau berdiskusi segala sesuatu tentang reksa dana, selain pada masing-masing artikel juga bisa disini.

Advertisements

119 Comments Add yours

  1. andri says:

    Selamat siang pak Rudi, terima kasih atas penjelasannya. Namun, jika investor sudah menebus right dan menyimpan atau tidak menjualnya sampai melewati batas yang ditentukan oleh perusahaan penerbit apakah berarti right dan uang tebusan investor tersebut hangus?

    Like

    1. Rudiyanto says:

      Siang pak Andri,
      Kalau rightnya ditebus, berarti akan berubah bentuk menjadi saham. Dan yg dimaksud dengan ditebus itu, anda beli saham dengan harga sesuai right menggunakan uang.

      Kalau tidak ditebus dan lewat jatuh tempo ya hangus.

      Right tidak bisa disinpan selamanya krn ada jatuh tempo

      Saya tidak begitu mengerti dgn uang tebusan yg anda maksud, mungkin bisa lebih dijelaskan lagi?

      Like

  2. andri says:

    Selamat siang Pak Rudi, terima kasih atas penjelasannya. Begini pak maksud pertanyaan saya. seorang investor sudah menebus right sejumlah yang ditentukan dan sudah berubah menjadi saham. Selanjutnya saham baru tersebut oleh si investor disimpan dan tidak dijual. Lalu ketika melewati jatuh tempo saham baru yang sudah ditebus tersebut hilang. Yang menjadi pertanyaan kemarin apakah saham baru yang sudah ditebus tersebut hilang dan bukan menjadi milik si investor lagi? pertanyaan kedua jika sudah menebus right kapan batas waktu terakhir untuk menjualnya? terima kasih Pak Rudi.

    Like

    1. Rudiyanto says:

      Salam pak Andri,

      Kalau untuk saham yg hilang, menurut saya lebih baik bapak klarifikasi dgn perusahaan sekuritas tempat anda bertransaksi. Logikanya kalau belum dijual, harusnya masih ada

      Dan untuk penjualan saham, setahu saya bebas dijual kapan saja. Tidak ada masa lock up period.

      Masa lock up, biasanya utk contoh seperti ESOP. Dimana karyawan yg dapat saham, biasanya tidak boleh jual dalam kurun waktu tertentu dan dikunci berdasarkan perjanjian dgn karyawan. Ada pula yg mengunci berdasarkan sistem yg ada di sekuritas.

      Semoga bermanfaat

      Like

  3. andri says:

    Selamat siang Pak Rudi. terima kasih atas penjelasannya. Sangat bermanfaat penjelasannya terutama untuk pendatang baru seperti saya, butuh banyak belajar dari yang berpengalaman. Sekali lagi terima kasih Pak Rudi.

    Like

  4. Dear Pak Rudiyanto,

    Terima kasih atas tulisan nya yang menginpirasi saya untuk investasi di Reksa Dana dan Saham.
    Saya jadi mengenal Reksadana setelah membaca buku bapak “ Reksa Dana untuk Pemula “
    Saat ini ada yang ingin saya tanyakan, semoga bapak berkenan untuk menjelaskannya:
    – Jika suatu saat nanti perekonomian lagi turun yang menyebabkan Nila Reksa Dana dan saham juga turun, apakah sebaiknya saya jual dulu reksa dana dan saham nya, kemudian beli lagi saat harga murah atau tidak usah dijual dan tetap rutin nabung setiap bulan nya? ( target investasi saya 20 tahun dan rutin setor tiap bulan )
    Terima kasih atas Perhatian nya.

    Regards

    Agus Darmika

    Like

    1. Rudiyanto says:

      Selamat siang pak Agus,

      Terima kasih atas apresiasinya. Berkaitan dengan pertanyaan anda tentang perekonomian turun dan investasi, kalau menurut saya, sepanjang jangka waktu investasinya masih 20 tahun lagi, mungkin gejolak di 3-4 tahun awal tidak perlu begitu kita khawatirkan. Menjelang 5 tahun terakhir dari jangka waktu investasi 20 tahun anda, baru anda lebih perhatikan mengenai kondisi ekonomi.

      Meski demikian, itu tidak berarti kita pasrah bongkok-an aja. Kalau misalkan kinerja reksa dananya dinilai kurang baik, mungkin ada baiknya bisa dipindahkan ke reksa dana lain yang kinerjanya dianggap baik. Kinerja kurang baik bukan berarti rugi, akan tetapi persentase kenaikan / penurunan reksa dana tidak lebih baik dibandingkan pasar dalam jangka waktu yang panjang (2-3 tahun).

      Jika anda tidak memiliki waktu / keahlian dalam menganalisa kinerja reksa dana, solusinya anda bisa coba berinvestasi pada beberapa reksa dana sekaligus. Apakah dari manajer investasi yang sama atau dari manajer investasi yang berbeda.

      Btw, foto-foto di situsnya bagus. Semoga bisa terus berkarya
      Terima kasih

      Like

  5. Sheilla Novianti says:

    selamat sore pak rudi. saya sheilla, mahasiswa tingkat akhir yang sedang skripsi. saat ini saya sedang membutuhkan data laporan keuangan reksa dana. Kira-kira dimana saya bisa dapat ya ? karena saya sudah menghubungi ojk tetapi mereka tidak mempunyai data softcopy nya . mohon infonya. Trims

    Like

    1. Rudiyanto says:

      Salam Ibu Sheilla,

      Untuk data ini, anda bisa mencoba dengan mengunjungi website manajer investasi satu per satu. Tapi sebagai informasi, tidak semua menajer investasi menyediakan hal tersebut.

      Semoga bermanfaat

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s