Pertanyaan dan Diskusi

Penulis tidak melayani konsultasi pribadi, oleh karena itu buat yang ingin bertanya atau berdiskusi segala sesuatu tentang reksa dana, selain pada masing-masing artikel juga bisa disini.

Advertisements

144 Comments Add yours

  1. andri says:

    Selamat siang pak Rudi, terima kasih atas penjelasannya. Namun, jika investor sudah menebus right dan menyimpan atau tidak menjualnya sampai melewati batas yang ditentukan oleh perusahaan penerbit apakah berarti right dan uang tebusan investor tersebut hangus?

    Liked by 1 person

    1. Rudiyanto says:

      Siang pak Andri,
      Kalau rightnya ditebus, berarti akan berubah bentuk menjadi saham. Dan yg dimaksud dengan ditebus itu, anda beli saham dengan harga sesuai right menggunakan uang.

      Kalau tidak ditebus dan lewat jatuh tempo ya hangus.

      Right tidak bisa disinpan selamanya krn ada jatuh tempo

      Saya tidak begitu mengerti dgn uang tebusan yg anda maksud, mungkin bisa lebih dijelaskan lagi?

      Like

  2. andri says:

    Selamat siang Pak Rudi, terima kasih atas penjelasannya. Begini pak maksud pertanyaan saya. seorang investor sudah menebus right sejumlah yang ditentukan dan sudah berubah menjadi saham. Selanjutnya saham baru tersebut oleh si investor disimpan dan tidak dijual. Lalu ketika melewati jatuh tempo saham baru yang sudah ditebus tersebut hilang. Yang menjadi pertanyaan kemarin apakah saham baru yang sudah ditebus tersebut hilang dan bukan menjadi milik si investor lagi? pertanyaan kedua jika sudah menebus right kapan batas waktu terakhir untuk menjualnya? terima kasih Pak Rudi.

    Like

    1. Rudiyanto says:

      Salam pak Andri,

      Kalau untuk saham yg hilang, menurut saya lebih baik bapak klarifikasi dgn perusahaan sekuritas tempat anda bertransaksi. Logikanya kalau belum dijual, harusnya masih ada

      Dan untuk penjualan saham, setahu saya bebas dijual kapan saja. Tidak ada masa lock up period.

      Masa lock up, biasanya utk contoh seperti ESOP. Dimana karyawan yg dapat saham, biasanya tidak boleh jual dalam kurun waktu tertentu dan dikunci berdasarkan perjanjian dgn karyawan. Ada pula yg mengunci berdasarkan sistem yg ada di sekuritas.

      Semoga bermanfaat

      Like

  3. andri says:

    Selamat siang Pak Rudi. terima kasih atas penjelasannya. Sangat bermanfaat penjelasannya terutama untuk pendatang baru seperti saya, butuh banyak belajar dari yang berpengalaman. Sekali lagi terima kasih Pak Rudi.

    Like

  4. Dear Pak Rudiyanto,

    Terima kasih atas tulisan nya yang menginpirasi saya untuk investasi di Reksa Dana dan Saham.
    Saya jadi mengenal Reksadana setelah membaca buku bapak “ Reksa Dana untuk Pemula “
    Saat ini ada yang ingin saya tanyakan, semoga bapak berkenan untuk menjelaskannya:
    – Jika suatu saat nanti perekonomian lagi turun yang menyebabkan Nila Reksa Dana dan saham juga turun, apakah sebaiknya saya jual dulu reksa dana dan saham nya, kemudian beli lagi saat harga murah atau tidak usah dijual dan tetap rutin nabung setiap bulan nya? ( target investasi saya 20 tahun dan rutin setor tiap bulan )
    Terima kasih atas Perhatian nya.

    Regards

    Agus Darmika

    Like

    1. Rudiyanto says:

      Selamat siang pak Agus,

      Terima kasih atas apresiasinya. Berkaitan dengan pertanyaan anda tentang perekonomian turun dan investasi, kalau menurut saya, sepanjang jangka waktu investasinya masih 20 tahun lagi, mungkin gejolak di 3-4 tahun awal tidak perlu begitu kita khawatirkan. Menjelang 5 tahun terakhir dari jangka waktu investasi 20 tahun anda, baru anda lebih perhatikan mengenai kondisi ekonomi.

      Meski demikian, itu tidak berarti kita pasrah bongkok-an aja. Kalau misalkan kinerja reksa dananya dinilai kurang baik, mungkin ada baiknya bisa dipindahkan ke reksa dana lain yang kinerjanya dianggap baik. Kinerja kurang baik bukan berarti rugi, akan tetapi persentase kenaikan / penurunan reksa dana tidak lebih baik dibandingkan pasar dalam jangka waktu yang panjang (2-3 tahun).

      Jika anda tidak memiliki waktu / keahlian dalam menganalisa kinerja reksa dana, solusinya anda bisa coba berinvestasi pada beberapa reksa dana sekaligus. Apakah dari manajer investasi yang sama atau dari manajer investasi yang berbeda.

      Btw, foto-foto di situsnya bagus. Semoga bisa terus berkarya
      Terima kasih

      Like

  5. Sheilla Novianti says:

    selamat sore pak rudi. saya sheilla, mahasiswa tingkat akhir yang sedang skripsi. saat ini saya sedang membutuhkan data laporan keuangan reksa dana. Kira-kira dimana saya bisa dapat ya ? karena saya sudah menghubungi ojk tetapi mereka tidak mempunyai data softcopy nya . mohon infonya. Trims

    Like

    1. Rudiyanto says:

      Salam Ibu Sheilla,

      Untuk data ini, anda bisa mencoba dengan mengunjungi website manajer investasi satu per satu. Tapi sebagai informasi, tidak semua menajer investasi menyediakan hal tersebut.

      Semoga bermanfaat

      Like

  6. Davi says:

    Dear Pak Rudy
    Saya berencana memulai investasi reksadana di tahun 2017 ini. Saya memiliki dana sekitar 10 jt yang akan saya investasikan sekaligus di reksadana. Mohon saran dan masukannya reksadana apa yang bisa saya beli? Dan saran lain untuk pemula seperti saya.
    Terimakasih

    Like

    1. Rudiyanto says:

      Salam Pak Davi,

      Rekomendasi reksa dana sebaiknya disesuaikan dengan tujuan keuangan. Detailnya bisa baca https://reksadanauntukpemula.com/2016/01/17/memilih-reksa-dana-sesuai-tujuan-investasi/

      Semoga bermanfaat

      Like

  7. Hartono says:

    Selamat Siang pak Rudi, setelah saya baca buku bapak Reksadana utk pemula 2, saya ingin bertanya apabila saya mau investasi di reksa dana utk 15 tahun, untuk kepastian progress NAB yg baik, apakah sebaiknya saya beli reksa dana yg baru terbit atau yg sudah jalan 3-4 tahun atau yang 5 -7 tahun atau yang udah jalan 8 tahun keatas. atas masukan bapak di ucapkan banyak terima kasih.

    Like

    1. Rudiyanto says:

      Selamat malam pak Hartono,

      Perbedaan antara reksa dana yang baru terbit dengan yang relatif cukup berumur adalah ketersediaan data historis yang bisa dianalisa. Namun tentu saja yang namanya kinerja masa lalu tidak menjadi acuan akan terulang pada masa mendatang.

      Selain itu, harus diakui, pekerjaan sebagai manajer investasi juga merupakan suatu profesi yang memiliki tingkat turnover yang cukup tinggi. Beberapa perusahaan manajer investasi memang memiliki personel dengan masa kerja yang lama, namun tidak sedikit juga personelnya berpindah2 dalam waktu yang relatif cepat.

      Dengan demikian, ketika personel pengelola sudah berubah, kinerja masa lalu yang dikelola oleh personel sebelumnya menjadi tidak relevan.

      Ada juga perusahaan manajer investasi yang mengandalkan kebijakan pengelolaan yang sifatnya sudah terstruktur seperti berdasarkan arahan dari tim investasi global sehingga perbedaan personel pengelola tidak terlalu berdampak.

      Untuk itu, saran saya anda bisa melakukan diversifikasi dengan berinvestasi pada beberapa jenis yang berbeda untuk merasakan mana yang lebih baik, lebih nyaman, dan sesuai kebutuhan anda.

      Semoga bermanfaat

      Like

  8. Esther says:

    Bagaimana penulisan di spt tahunan bila saya beli reksadana di bulan feb 2017 dan dijual bulan okt 2017 ? Tq

    Like

    1. Rudiyanto says:

      Selamat malam ibu Esther,

      Untuk pertanyaan anda bisa melihat referensi ini http://rudiyanto.blog.kontan.co.id/2016/03/15/pelaporan-reksa-dana-pada-spt-tahunan/

      Semoga bermanfaat

      Like

  9. Yakub says:

    selamat malam pak Rudiyanto, saat ini saya sedang memgertajakan tugas akhir tentang kinerja reksa dana saham. Saya sudah mencari data-data yang saya perlukan di OJK tetapi saya tidak menemukan. Mohon kiranya Bapak bisa membantu. Terima kasih

    Like

    1. Rudiyanto says:

      Selamat malam pak Yakub,

      Untuk pertanyaan anda bisa membaca referensi ini http://rudiyanto.blog.kontan.co.id/2015/02/03/panduan-mencari-data-harga-reksa-dana/

      Semoga bermanfaat

      Like

  10. Yogi Saputra says:

    Selamat siang pak Rudiyanto, saya mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir tentang stock selection dan market timing reksadana dengan menggunakan rumus model trynor-mazuy. Saya kesulitan dalam menggunakan rumus tersebut. Mohon kiranya bapak bisa membantu. Terimakasih.

    Like

    1. Rudiyanto says:

      Selamat malam pak Yogi,

      Saran saya bisa mencari via Google tentang referensi perhitungan, mengecek di perpustakaan kampus tentang penelitian sejenis yang pernah dilakukan atau menanyakan ke dosen pembimbing.

      Semoga bermanfaat

      Like

  11. riska says:

    selamat sore bapak,
    saya seorang mahasiswa tingkat awal yang tertarik dengan reksadana. saya ingin bertanya pa dimanakah saya bisa membeli produk reksadana yang cocok untuk seorang mahasiswa?

    Like

    1. Rudiyanto says:

      Selamat siang ibu Riska,

      Untuk pembelian reksa dana dapat dilakukan di manajer investasi atau agen penjual seperti bank atau perusahaan sekuritas reksa dana. Pembelian reksa dana saat ini sudah banyak dimulai dari Rp 100.000.

      Apabila tertarik dengan reksa dana di Panin Asset Management. Anda bisa mendatangi cabangnya langsung di http://www.panin-am.co.id/contact_01.aspx atau mendaftar secara online di http://www.panin-am.co.id/register.aspx

      Saran saya jika memungkinkan, bisa datang ke kantor cabang terdekat atau meminta dihubungi untuk mendapatkan penjelasan lebih lengkapnya.

      Terima kasih

      Like

  12. Evan Putra Kasuma says:

    Hello, my name is Evan from Jakarta. If it isn’t bother you, I want to ask about the data that you give to us on Redanesia in this article (Does Indonesia Equity Fund Beat Market ?). Can you tell me where the data comes from because i want to add more data, so it can be relevant until 2017 or more.

    Thank you very much.

    Warm regards,
    Evan Putra K.

    Like

    1. Rudiyanto says:

      Morning Evan,

      Sorry for late reply, website redanesia already discontinued. For the data you can try Infovesta.com but it’s have to subscribe.

      Thanks

      Like

      1. Evan Putra Kasuma says:

        Okay. Thanks Mr. Rudiyanto for the reply.

        Like

  13. Leny astika says:

    Selamat siang pak,
    Mengenai perhitung yield obligasi dengan cara current yield yaitu coupon/harga pasar. Harga pasar ini di tentukan dengan cara apa ya pak? Apa di cantumkan dalam annual report pada ikhtisar keuangan. Karena yang terlihat hanya nilai nominal, maturity dan suku bunga. Mohon penjelasannya pak.

    Like

  14. Leny astika says:

    Selamat siang pak,
    Mengenai perhitung yield obligasi dengan cara C. yield yaitu coupon/harga pasar. Harga pasar ini di tentukan dengan cara apa ya pak? Apa di cantumkan dalam annual report pada ikhtisar keuangan. Karena yang terlihat hanya nilai nominal, maturity dan suku bunga. Mohon penjelasannya pak.
    Terimakasih pak.

    Like

    1. Rudiyanto says:

      Selamat siang Ibu Leny,

      Harga pasar itu bukan ditentukan, tapi harga yang terjadi pada hari kerja. Namun karena obligasi ditransaksikan secara over the counter atau tidak melalui bursa, maka harga transaksi historis tidak tersedia seperti halnya harga saham.

      Harga tersebut bisa didapatkan jika kamu berlangganan seperti Bloomberg, IBPA, Infovesta, Reuters dan sebagainya. Hanya saja, harga berlangganannya menggunakan standar korporasi, sehingga jika untuk perorangan seharusnya tidak masuk dalam budget.

      Di koran ekonomi seperti Bisnis Indonesia, Investor Daily atau Kontan, biasanya juga tercantum data transaksi, tapi format datanya tidak tersedia harian atau bulanan sehingga sulit untuk dijadikan sebagai data dasar dalam analisa.

      Semoga bermanfaat

      Like

  15. Leny astika says:

    Di IBPA tertera issue price apa sama dengar harga pasar pak? Tetapi semua dengan nilai 100 %

    Like

    1. Rudiyanto says:

      Selamat sore,
      Issue price itu harga penerbitan, bukan harga pasar. Untuk mengakses harga pasar atau harga wajar, anda mesti berlangganan di IBPA.

      Terima kasih

      Like

  16. masdar hilmi says:

    Salam hormat Pak
    saya baru mengenal reksadana kurang dari 1 tahun ini. lalu dalam sebulan terakhir, saya memulai membeli hingga 8 produk reksadana pasar uang secara online namun dengan nilai minimal pembelian reksadana kisaran Rp. 100.000.
    mengingat keterbasan pengetahuan dan dana peruntukan, saya berencana menambah investasi hanya bila ada kelebihan.
    apakah cara seperti itu sudah tepat dilakukan?
    atau kira seperti apa strategi yang perlu saya benahi jika ingin berinvestasi reksadana karena memang saya pemula dalam reksadana.
    terima kasih

    Like

    1. Rudiyanto says:

      Selamat malam pak Masdar,

      Senang sekali melihat jumlah investor reksa dana bertambah di Indonesia. Sebenarnya tidak ada cara yang paling benar atau salah. Yang bisa saya sarankan, adalah anda membuat rencana investasi. Misalkan investasi untuk biaya hari tua dengan setiap bulan setor Rp 500.000 ke 1 reksa dana atau beberapa reksa dana sesuai kenyamanan anda.

      Menyetorkan setiap ada kelebihan dana memang terdengar seperti rencana investasi, namun menurut saya kurang kuat, hal ini disebabkan karena orang pada dasarnya selalu kekurangan. Jika tidak ditetapkan target, maka sulit untuk bisa menjaga disiplin dalam jangka panjang.

      Semoga bermanfaat

      Like

      1. masdar hilmi says:

        baik pak.
        ya memang sifatnya coba-coba sekaligus penasaran reksadana jadi nampak asal-asalan,, mencoba beli beberapa reksadana tapi dana menjadi terlalu minimalis..
        selanjutnya harus buat rencana yg lebih spesifik.. lalu fokus di lebih sedikit reksadana alih-alih menyebar terlalu banyak seperti sekarang meski tidak bisa tiap bulan..
        terima kasih Pak

        Like

        1. Rudiyanto says:

          Beli beberapa reksa dana sekaligus juga ada bagusnya. Anda bisa merasakan mana yang kira2 paling sesuai untuk anda.

          Semoga tujuan keuangannya bisa tercapai.

          Selamat malam

          Like

          1. masdar hilmi says:

            baik pak..
            terima kasih..

            Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s