#2. Bab 11. Mengenal Pemeringkatan dan Rating Reksa Dana

Dengan semakin banyaknya jumlah reksa dana, memilih reksa dana semakin sulit. Sebagai salah satu alat bantu, biasanya sejumlah perusahaan media secara berkala melakukan penilaian terhadap reksa dana yang hasilnya kemudian dipublikasikan. Bagaimana penilaian tersebut dilakukan dan bagaimana sebaiknya sikap investor menindaklanjuti hasil tersebut?

Penilaian terhadap reksa dana oleh berbagai perusahaan media dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu pemeringkatan dan rating. Pemeringkatan berarti setiap reksa dana dinilai berdasarkan indikator yang ditetapkan dan diberikan skor. Selanjutnya reksa dana yang mendapatkan skor tertinggi akan mendapat penghargaan reksa dana terbaik.

Biasanya pemeringkatan membagi reksa dana ke dalam beberapa kategori lagi berdasarkan jenis, tahun dan besaran dana kelolaannya. Misalnya reksa dana Terbaik Kategori reksa dana Saham Periode 1 Tahun di atas Rp 1 Triliun dan reksa dana Terbaik Kategori reksa dana Campuran Periode 3 Tahun antara Rp 100 Miliar  – Rp 1 Triliun.

Pengkategorian tersebut biasanya ditetapkan oleh para juri dan jumlah kategorinya bisa sangat banyak. Dengan demikian, pemenangnya juga bisa banyak karena reksa dana yang terbaik untuk kategori 1 tahun belum tentu juga terbaik untuk kategori 5 tahun.

Media yang secara rutin mempublikasikan Pemeringkatan reksa dana Terbaik tiap tahun adalah Majalah Investor bekerja sama dengan Infovesta.com yang merupakan perusahaan riset reksa dana. Belakangan, Bloomberg yang merupakan salah satu perusahaan penyedia layanan data finansial juga melakukan kegiatan serupa.

Publikasi Pemeringkatan reksa dana tersebut juga disertai dengan acara penghargaan dan penyerahan plakat.Biasanya para Manajer Investasi menggunakan penghargaan tersebut sebagai salah satu materi promosi dalam kegiatan pemasaran reksa dananya.

Jenis kedua yaitu Rating. Sama seperti pemeringkatan, rating reksa dana juga dilakukan dengan menilai kinerja reksa dana berdasarkan beberapa indikator yang ditetapkan perusahaan. Yang agak berbeda dengan pemeringkatan adalah jika dana kelolaan dijadikan sebagai kategori, di rating biasanya dana kelolaan menjadi salah satu indikator penilaian. Artinya, semakin besar dana kelolaan berarti nilainya juga semakin bagus.

Perbedaan utama antara rating dengan pemeringkatan adalah tidak adanya reksa dana nomor 1 dalam rating. Biasanya dalam rating, penilaian terhadap reksa dana dinyatakan dalam bintang seperti halnya penilaian terhadap hotel. Ada bintang 1 hingga bintang 5. Ada pula yang menyelipkan tanda plus minus seperti bintang 4+ bintang 3- dan sebagainya.

Dan jika memenuhi syarat, bisa terdapat lebih dari 1 reksa dana yang mendapat rating bintang 5. Perbedaan lain dengan pemeringkatan adalah pada frekuensinya. Pemeringkatan dilakukan dalam basis tahunan, sementara rating biasanya dilakukan tiap bulan.

Karena seringnya frekuensi tersebut, biasanya tidak ada kegiatan acara penghargaannya sebagaimana yang dilakukan pada pemeringkatan reksa dana. Hasil rating tersebut dipublikasikan pada website perusahaan dan bisa diakses oleh publik. Meski demikian, ada juga yang menggunakan sistem berlangganan dimana untuk bisa mengakses rating tersebut, penggunanya harus berlangganan.

Perusahaan yang secara rutin melakukan rating adalah Infovesta dan Morningstar. Bedanya Infovesta fokus pada instrumen investasi di Indonesia, sementara di Morningstar terdapat pula reksa dana dari seluruh dunia dan Indonesia menjadi salah satu bagian di antaranya. Hasil rating Infovesta biasanya digunakan oleh Tabloid Kontan sebagai salah satu referensi pada edisi reksa dana Jagoan yang diterbitkan tiap tahunnya.

Baik Pemeringkatan ataupun Rating, meski tidak persis sama, umumnya indikator yang digunakan sebagai acuan adalah Risk and Return, Dana Kelolaan, Unit Penyertaan, Biaya dan terkadang ada pula yang memasukkan unsur keikutsertaan. Manajer Investasi yang tidak menyerahkan datanya, biasanya mendapat penalti atau bahkan tidak diikutsertakan dari kegiatan penilaian.

Bagaimana sebaiknya tanggapan para investor?
Perlu kita pahami bahwa pemeringkatan dan rating adalah penilaian terhadap kinerja “masa lalu” reksa dana. Berdasarkan kinerja masa lalu tersebut, reksa dana yang kinerjanya relatif lebih baik dibandingkan reksa dana sejenis diberikan “penghargaan”.

Bagi manajer investasi, penghargaan ini penting karena merupakan salah satu bentuk pengakuan terhadap keahliannya dalam melakukan pengelolaan dan pemasaran reksa dana. Bagi investor, penghargaan ini bisa dijadikan sebagai salah satu pertimbangan dalam pemilihan reksa dana.

Meski demikian, dalam investasi juga terdapat jargon bahwa kinerja masa lalu tidak menjadi jaminan akan terulang di masa mendatang. Dengan kata lain reksa dana yang mendapat penghargaan sebagai reksa dana terbaik tahun ini atau rating bintang 5 belum tentu dapat mengulangi kinerjanya di masa mendatang. Dan secara historis memang terbukti bahwa pemenang reksa dana terbaik dan bintang 5 bisa berubah dari waktu ke waktu.

Untuk itu, bagi investor rating reksa dana dapat dijadikan sebagai salah satu referensi tapi bukan satu-satunya. Investor perlu melihat kinerja yang lebih panjang misalkan 5 tahun, 10 tahun atau bahkan lebih panjang dan konsistensi kinerjanya dibandingkan dengan reksa dana sejenis dan indeks pembanding.

Mungkin saja kinerjanya tidak nomor satu sepanjang waktu, tapi setidaknya jika bisa konsisten lebih baik dibandingkan rata-rata reksa dana sejenis, maka masih bisa dijadikan pertimbangan. Selain itu, tidak lupa juga melihat faktor layanan dari Manajer Investasi dan Agen Penjual tersebut.

bab-11-pemeringkatan-dan-rating-reksa-dana.png

Advertisements